Kolom Bacaan


Info Beasiswa

Dalam Negeri (1)
Luar Negeri (0)


Agenda


Agenda (July-2018)
S M T W T F S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Agenda Tes & Event Terdekat :
• 11 Agustus 2014
Daftar Ulang Mahasiswa Baru

Lihat Selengkapnya

Statistik Penerima Beasiswa


Jumlah Mahasiswa: 500.000 Orang

Rata-rata IPK : 3.56


Home » News » Bela Negara Untuk Angkatan 2013

Senin, 07 September 2015 - 17:18:10 WIB
Bela Negara Untuk Angkatan 2013
Diposting oleh : Administrator
Kategori: News - Dibaca: 910 kali

Pembangunan suatu bangsa memerlukan dukungan sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia. Diantara kedua sumberdaya ini yang lebih penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan adalah sumberdaya manusia, karena jika sebuah negara memiliki sumberdaya manusia yang terampil dan berkualitas maka negara akan berkembang dengan baik. Sebagai generasi muda mahasiswa merupakan sumberdaya manusia Indonesia dimasa yang akan datang. Peningkatan kapasitas diri bagi mahasiswa perlu terus ditingkatkan agar memiliki kemandirian, kedisiplinan, sikap untuk membangun bangsa kedepannya. Salah satu cara untuk mengembangkan kapasitas diri adalah dengan meningkatkan kemandirian, kedisplinan, motivasi untuk mengembangkan diri.

Kesadaran bela negara merupakan satu hal yang esensial dan harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia, sebagai wujud penunaian hak dan kewajibannya dalam upaya bela negara. Kesadaran bela negara menjadi modal dasar sekaligus kekuatan bangsa, dalam rangka menjaga keutuhan, kedaulatan serta kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia. Bangsa Indonesia ingin memiliki peradaban yang unggul dan mulia. Peradaban demikian dapat dicapai apabila masyarakat dan bangsa kita juga merupakan masyarakat dan bangsa yang baik (good society and nation), damai, adil dan sejahtera, sebagaimana yang telah diwasiatkan oleh para pendiri bangsa (founding fathers) dalam Pembukaan UUD 1945. Keikutsertaan warga negara dalam upaya pertahanan negara dapat secara langsung, yakni menjadi prajurit sukarela Tentara Nasional Indonesia (TNI), tetapi dapat juga secara tidak langsung, yakni dalam profesinya masing-masing yang memberikan kontribusi terhadap pertahanan negara (termasuk pendidik), atau melalui pendidikan.

Mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi merupakan bagian dari masyarakat Indonesia bertanggung jawab untuk membela dan mempertahankan kedaulatan bangsa walaupun tidak dilakukan secara langsung. Penerima beasiswa dapat melakukan  hal tersebut melalui sektor pendidikan dengan menjadi mahasiswa yang bertanggung jawab, disiplin, dan memiliki prestasi akademik maupun nonakademik. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan yang dapat membentuk karakter-karakter tersebut. Mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi harus memiliki kemandirian sikap dan tindakan yang teratur, terpadu, dan menyuluruh.

Dalam upaya pembentukan generasi muda yang cinta tanah air dan menjunjung tinggi harkat serta martabat bangsa Indonesia, maka Universitas Tanjungpura dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat Yonif 643 Wanarasakti melaksanakan kegiatan Pelatihan Bela Negara khususnya bagi penerima beasiswa Bidikmisi angkatan 2013 dengan tujuan agar sikap dan karakter yang diharapkan terdapat pada penerima beasiswa Bidikmisi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, kedisiplinan, kerjasama, motivasi yang merupakan bagian dari peningkatan kapasitas diri mahasiswa penerima beasiswa Bidikmis Universitas Tanjungpura Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan di Yonif 643 Wanarasakti yang terletak di Anjungan Kabupaten Mempawah. Kegiatan dilaksanakna selama 3 hari 2 malam. Peserta kegiatan merupakan mahasiswa penerima bessiswa Bidikmisi angkatan 2013 dengan IPK lebih dari standar, mengikuti kegiatan pembinaan yang dilakukan Untan sebelumnya, sehat dan memiliki motivasi untuk mengikuti kegiatan ini.

            Perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik merupakan tujuan utama kegiatan ini. Sikap yang diharapkan berubah baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Peserta diberikan pengetahuan tantang proxy war, kepemimpinan, bela negara dan wawasan bangsa, pengahayatan  melalui simulasi kegiatan, audio visual, observasi sehingga menimbulkan kesadaran terhadap kondisi bangsanya. Selain itu peserta diberikan pengalaman dengan praktek kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, kedisiplinan, dan kerjasama diantara peserta seperti menembak, peraturan baris berbaris dan caraka malam.



comments powered by Disqus


Search



Link Terkait


Mini Chat




Nama :
Website :
Pesan


Statistik Pengunjung

1257266

Pengunjung hari ini : 70
Total pengunjung : 384822

Hits hari ini : 166
Total Hits : 1257266

Pengunjung Online: 1


Home | Outreaching | Bidikmisi | Donate | About Us | Galeri | Headline | Prestasi | Contact Us

Kantor Pusat : Kantor COMDEV dan Outreaching
Komp. Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura
Jalan Ahmad Yani Pontianak Kalimantan Barat, Kode pos 78124
Email : comdev.untan@yahoo.com
Telepon : 0561-769300, 08115705975

Jam Layanan: Senin - Jumat: 09.00 WIB - 16.00 WIB | Sabtu: 09.00 WIB - 12.00 WIB (Hari Kerja)

Copyright @ 2013 | www.comdev-outreaching.untan.ac.id | All Rights Reserved.